Cara Jitu Mengatasi Rambut Kering Dan Rusak

Cara Jitu Mengatasi Rambut Kering Dan Rusak

246
0
SHARE

NEWSATU – Merawat rambut agar tetap sehat dan terjaga adalah salah satu hal yang sangat susah. Penggunaan alat elektonik pada rambut, penggunaan produk yang banyak mengandung bahan kimia, faktor genetik dan perubahan cuaca yang ekstrim dapat membuat rambut mudah rusak dan kering.

Kekeringan pada rambut dapat menyebabkan rambut mudah rontok, kusam dan berketombe. Di samping itu rambut kering juga susah di atur dan penampilan menjadi acak-acakan. Jadi perawatan rambut secara rutin sangatlah penting di lakukan.

Agar memiliki rambut yang indah dan sehat, Anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung protein dan gizi seimbang untuk menjaga kelembaban rambut Anda. Karena zat-zat yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan kelembaban rambut secara merta dan tahan lama, seperti ikan salmon yang kaya akan omega-3 dan asam lemaknya.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang terdapat vitamin A dan C seperti sayuran hijau, juga mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc seperti kacang, dapat Anda sajikan sebagai menu tambahan ke dalam makanan sehari-hari.

Selain memakan makanan sehat, ada langkah-langkah yang harus anda lakukan, berikut langkah-langkahnya adalah.

Jangan terlalu sering keramas

Rambut yang di keramas setiap hari hanya akan menguras minyak alami pada rambut, sehingga rambut terlihat kusam dan kering. Karena minyak alami rambut yang diproduksi kelenjar minyak di kulit kepala Anda dapat membantu melembabkan rambut, jadi hindarilah keramas setiap hari. Sebaiknya keramas pada umumnya orang lakukan misalkan dua atau tiga kali dalam seminggu.

Hindari pemakaian alat rambut elektrik

Alat pengering atau pemanas rambut seperti hair dryer dan catokan jika Anda gunakan secara berlebihan hanya akan membuat rambut rusak dan mudah rontok. Selain itu rambut menjadi kering, tampak kaku dan kusam. Sebaiknya mengeringkan rambut dengan cara alami saja misalkan bisa di angin-anginkan, memakai kipas angin, dan menepok-nepok rambut dengan handuk. Sehingga dapat mencegah minyak alami pada rambut dan mencegah kekeringan pada rambut Anda.

Masker buah avokad dan buah pisang

Buah avokad banyak mengandung minyak alami yang  meningkatkan nutrisi untuk rambut mati dan kekeringan. Nutrisi yang terkandung dalam buah pisang juga banyak memberikan elastisitas rambut. Jadi masker buah pisang dan avokat sangat cocok untuk mengatasi rambut mati dan kering.

Masker telur

Baru-baru ini masker telur banyak sekali di gunakan untuk mengobati rambut kering. Yaitu dengan cara, ambil tiga telur yang masih bagus, kemudian pecahkan cangkang telur masukan ke dalam wadah yang sudah tersedia, lalu campur dengan satu sendok makan madu, aduk sampai tercampur. Kemudian oleskan ke rambut secara lembut hingga merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Selain dapat mengobati rambut kering masker ini juga dapat merawat rambut rusak.

LEAVE A REPLY